KECAMATAN SEMAMPIR

Peresmian Pembentukan Bank Sampah Unit dan Bank Sampah PPT se-Kecamatan Semampir dan Bimbingan Teknis Pengelolaan Sampah Mandiri 2017

Peresmian Pembentukan Bank Sampah Unit dan Bank Sampah PPT se-Kecamatan Semampir dan Bimbingan Teknis Pengelolaan Sampah Mandiri 2017




Bank sampah berdiri karena adanya keprihatinan masyarakat akan lingkungan hidup yang semakin lama semakin dipenuhi dengan sampah baik organik maupun anorganik. Sampah yang semakin banyak tentu akan menimbulkan banyak masalah, sehingga memerlukan pengolahan seperti membuat sampah menjadi bahan yang berguna. 

Dalam rangka peningkatan peran serta Masyarakat dalam pengelolaan persampahan, Camat Semampir meresmikan  Pembentukan Bank Sampah Unit dan Bank Sampah PPT se-Kecamatan Semampir dan Bimbingan Teknis Pengelolaan Sampah Mandiri 2017, di Aula Kantor Kecamatan Semampir siang tadi. Selasa (17/10/17)

Tujuan utama pendirian bank sampah adalah untuk membantu menangani pengolahan sampah di Indonesia. Tujuan bank sampah selanjutnya adalah untuk menyadarkan masyarakat akan lingkungan yang sehat, rapi, dan bersih. Bank sampah juga didirikan untuk mengubah sampah menjadi sesuatu yang lebih berguna dalam masyarakat, misalnya untuk kerajinan dan pupuk yang memiliki nilai ekonomis.

Kegiatan tersebut di hadiri dan di dukung langsung oleh 5 Lurah se - kecamatan Semampir, yaitu lurah ampel, lurah wonokusumo, lurah pegirian, lurah ujung, dan lurah sidotopo. serta hadir kader lingkungan dan kader bank sampah, dan tokoh masyarakat.

dalam sambutannya Hj. Siti Hindun Robba H, S.Pd,SE,M.Si.  "mengajak masyarakat memilah sampah adalah pekerjaan yang sangat sulit karena menyangkut kebiasaan, budaya, pemahaman, dan ketidakpedulian sebagian besar masyarakat yang masih rendah. Sebagai langkah nyata mempromosikan dan mengimplementasikan 3R dalam pengelolaan sampah di Surabaya, maka sudah selayaknyalah KLH menjadi contoh pengelolaan sampah instansi-instansi baik di tingkat Kecmatan maupun Kota".